Wednesday 24 October 2012

Ancaman dari ActiveX

Buku Perpustakaan UNM 005.8 Utd
Silahkan dibaca,,, ^o  )...!!!

ActiveX adalah semacam nama brand dari Microsoft untuk teknologi yang semula dikenal sebagai object linking and Embedding (OLE), dan OLE Control Extension (OCX). ActiveX Control, atau lebih dikenal sebagai ActiveX saja, adalah sejenis software yang didasarkan pada komponen Object Model (COM). Idenya adalah membuat objek bila dengan interface yang sesuai bisa menampilkan suatu informasi di banyak aplikasi, mulai dari spreadsheet  sampai browser web. Sebenarnya dari sisi kompetisi bisnis, Microsoft ingin “menggusur” java dan teknologi CORBA & RMI.


ActiveX merupakan objek COM yang sangat portable dan dipakai secara luas pada platform windows, khususnya pada aplikasi berbasis web. Objek COM, termasuk ActiveX, bisa saling memanggil secara lokal dan remote melalui interface yang ditentukan oleh arsitektur COM.
Arsitektur COM memungkinkan interoperabilitas di antara komponen binary software yang dihasilkan dengan cara terpisah.
ActiveX control mirip dengan program Windows yang di download dari suatu situs Web, dan dijalankan pada PC. Setiap kelemahan keamanan bisa dieksploitasi oleh orang yang nakal untuk melakukan hal yang tidak diinginkan oleh pemrogramnya. Meski sudah diketahui tidak signed, suatu control bisa didaftarkan sebagai scriptable, sehingga bisa dipanggil oleh script.
ActiveX control berjalan langsung pada komputer kita, ditulis dalam bermacam bahasa tingkat tinggi, dan mempunyai perbedaan fungsi dan karakteristik keamanan. Tetapi berbeda dengan file EXE biasa, ActiveX control memiliki mobilitas dan bisa dipanggil secara remote.
Bahaya terbesar dari ActiveX berasal dari control “hostile” semacam internet explorer: memang bisa dibuat ActiveX control yang (dari awal pembuatannya menginginkan) berbahaya, tetapi kebanyakan ActiveX control bukanlah malicious code, tetapi ada usaha hacker untuk memanfaatkan kekurangan pada control tersebut.

Mematikan ActiveX pada Control IE
CLSID pada ActiveX control adalah GUID untuk control tersebut kita bisa mencegah ActiveX control untuk dijalankan tersebut tidak pernah dipanggil oleh IE. Ini berbeda dengan option “safe for scripting”, karena meski option tersebut dimatikan, IE tetap akan memanggil control tersebut dan memberikan pesan peringatan kalau kontrol mungkin saja tidak aman. Tetapi dengan kill bit, kontrol tersebut tidak pernah dipanggil oleh IE sama sekali. 


Caranya:
Pergunakan regedit untuk melihat nilai data dari compatibility Flags DWORD untuk CLSID ActiveX object pada key berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Internet Explorer\ActiveX Compatibility\CLSID bersangkutan
Ganti CLSID dengan untuk ActiveX control bersangkutan . pada Compatibility Flags, ubah nilainya menjadi 00000400.
Sebagai tambahan Anda juga bisa melihat nomor beserta CLSID kodenya disini yang nantinya akan di ubah nilai registrynya.

Sumber: Firrar Utdirartatmo (2005) Ancaman Internet Hacking dan Trik Menanganinya. Yogyakarta: Penerbit ANDI (Materi: Ancaman dari ActiveX)

No comments:

Post a Comment

Mari Berbagi...

Blog Bebas Membahas Teknologi Apa Saja