Wednesday 24 October 2012

Memaksimalkan Fungsi Pencarian pada Google


Buku Perpustakaan UNM 005.432 Kus
Silahkan dibaca,,, ^o  )...!!!

Seringkali bingung dan mungkin lupa alamat situs yang akan kita kunjungi. beruntung ada google, yang sudah biasa digunakan bila orang lupa akan alamat sebuah situs. google adalah sebuah mesin pencari yang hebat dan konon dapat digunakan untuk mencari celah keamanan pada situs-situs yang kurang dijaga keamanannya.
Berikut ini kita akan membahas tip dan trik yang baik dalam menggunakan google agar lebih maksimal.

  1. Yang perlu kita perhatikan ialah google tidak case sensitive. Keyword: linux = LINUX = LiNuX, akan menghasilkan hal yang sama
  2. AND: Secara default Google mengunakan keyword and. Keyword: menjadi hacker. Hasil pencarian akan mengandung kata "menjadi" dan "hacker"
  3. OR: digunakan untuk menemukan halaman yang setidaknya berisi salah satu dari keyword. Note: OR dituliskan dengan huruf besar semua. Keyword: hacker OR cracker. Hasil pencarian akan mengandung kata "hacker" OR "cracker".
  4. Google akan mengabaikan pencarian dengan kata-kata umum seperti "how" dan "where". Jika kata-kata umum ini begitu penting, kita bisa menambahkan "+" di depan keyword tersebut. Keyword hacker how ==> kata "how" akan diabaikan. keyword: hacker +how ==> kata "how" akan diikutsertakan.   
  5. Tanda minus "-" bisa digunakan untuk mengecualikan kata-kata tertentu dalam pencarian. Misal kita ingin mencari kata "linus tanpa Linux", kita bisa menggunakan "linus -Linux"
  6. Google tidak mendukung pencarian * sebagai pengganti huruf. Misalkan kita ingin mencari kata "menjamu", "menjadi", "mengajar", dll. Google hanya akan mencari kata yang mengandung kata "menja". Tetapi google mendukung penggunaan * dalam pencarian kalimat. Keyword: "menjadi * hacker". Hasil pencarian berupa "menjadi seorang hacker", "menjadi white hacker", dll.
  7. Google tidak mendukung pencarian * sebagai pengganti huruf, tetapi dapat digunakan untuk mencari kata yang lengkap. Keyword: "menjadi hacer". Hasilnya, pencarian akan mengandung kata "menjadi hacker".
  8. Dapat digunakan untuk mencari pada direktory Google. Keyword: ?intitle:index.of? mp3
Sumber: Mandahadi Kusuma dan Hari Sudibyo (2005) Linux Desktop.Yogyakarta: Penerbit ANDI 

No comments:

Post a Comment

Mari Berbagi...

Blog Bebas Membahas Teknologi Apa Saja