Sunday 23 December 2012

Prinsip-Prinsip Antena Wifi


Untuk dapat mengelola jaringan, seorang administrator LAN nirkabel tidak disyaratkan untuk  memahami perancangan antenna. Namun, begitu ada beberapa prinsip penting yang harus dipahami seorang administrator LAN, yaitu:
  1. Antenna pemancar mengubah energy listrik menjadi gelombang RF, sedangkan antenna penerima mengubah gelombang RF menjadi energy listrik.
  2. Dimensi fisik sebuah antenna, misalnya panjang antenna, berhubungan langsung dengan frekuensi di mana      antenna itu dapat merambatkan gelombang atau menerima gelombang yang merambat.
Beberapa topik pengetahuan penting untuk mengelola suatu LAN nirkabel bebas lisensi, yaitu garis pandang (LOS, line of sight), efek Zona Freznel (diucapkan “fra-NEL”), dan penguatan antenna melalui beamwidth terfokus

Garis pandang (LOS, line of sight) 
Dalam konteks cahaya tampak, visual LOS (atau biasa disebut LOS), didefinisikan sebagai garis yang kelihatannya lurus yang menghubungkan objek yang tampak (pemancar) ke mata pengamat (penerima). LOS merupakan garis yang kelihatannya lurus karena gelombang cahaya sesungguhnya mengalami perubahan arah akibat adanya refraksi, difraksi, dan refleksi dalam cara yang sama seperti yang dialami oleh frekuensi RF.


Bayangkan anda sedang melihat melalui sebuah pipa yang dua kaki panjangnya. Bayangkan juga terdapat sebuah penghalang yang menutup bagian dalam pipa. Penghalang itu tentu akan menutup daya pandang anda kea rah benda yang ada diujung pipa. Ilustrasi sederhana ini memperlihatkan kepada kita bagaimana RF bekerja pada saat ada benda yang menghalangi Zona Fresnel. Berbeda dengan contoh pipa di atas, di sini anda masih dapat melihat ujung yang lain pada tingkat tertentu. Dengan RF, kemampuan penglihatan yang terbatas ini berubah menjadi koneksi yang teputus. RF LOS merupakan aspek penting karena RF tidak berprilaku tepat sama seperti cahaya tampak.

Abas Ali Pangera (2008) Menjadi Administrator Jaringan Nirkabel. Yogyakarta: Penerbit ANDI
(halaman 25-29)

No comments:

Post a Comment

Mari Berbagi...

Blog Bebas Membahas Teknologi Apa Saja