Tuesday 3 September 2013

Tuan Putri Siluman & Si Tukang Pemahat Batu


Ada sebuah kisah tentang sebuah kerajaan yang mahsyur, kaya, nan megah. Kerajaan itu mempunyai raja, istri dan anak dari sang raja. Pada suatu hari di kerajaan itu ada 3 tukang orang pengukir atau pemahat batu yang mengabdi pada sang raja untuk membuatkan patung kerajaan, sebagai simbol kemegahan dari kerajaannya. Tak sengaja anak sang raja si putri kerajaan melihat salah satu si tukang pengukir tersebut, dan si tuan putri ini jatuh hati pada si tukang pengukir tersebut. Tak lama kemudian keesokan harinya si putri bermain ke taman di mana tempat ke 3 orang pengukir batu membuatkan patung yang diperintahkan oleh sang raja.

Lalu si putri mendekat dan terkena percikan dari seorang pemahat yang dia cintai. Lalu si tukang pemahat itu meminta maaf kepada sang ratu karena merasa bersalah mengenai matanya, lalu meniup mata tuan putri dengan lembut. Dengan seraya mengatakan maafkan saya baginda ratu saya tidak sengaja, tuan putri dengan santai mengucap tidak apa-apa kok. Dalam hati tuan putri ia sengaja kelilipan dan minta di tiup dari  si tukang pengukir itu.


Tempat cerita dan sandiwara Sunda Miss TjiTjih

Tak lama kemudian raja datang dan menghampiri 3 tukang pengukir itu. Kelabakan mereka semua di lihat oleh raja tadi si tukang ukir batu dipenjara karena telah mematahkan ukiran kepala lambang kerajaan berupa batu ukiran itu akibat si putri yg mau deket ma si tukang ukir batu. raja pun marah lantas memenjarakan si 3 tukang pengukir batu.

Melihat itu si putri nngak tega tukng pengukir itu dipnjara. Si putri melepas tiga orang pengukir batu itu. Tiba2 ada prabu kerajaan (pesuruh raja) memanah tukang ukir itu, eh malah si putri yg kena. Si putri wafat, krna kesalahan yg diperbuat prabu, akhirnya prabu jg memutuskan untk bunuh diri akibat kesalahannya memanah si tuan putri. Melihat peristwa itu si raja datang dan hendak menguburkan mayat2 mereka dng rasa penyesalan.

Lalu si 3 tukang ukir batu itu menculik mayat si putri, diantara si 3 tukang ukir tadi yg putri suka, memiliki keistimewaan. Si tukang ukir tadi memiliki keistimewaan. Ia bisa membagi nyawanya dan memberikan sedikt nywanya pd si tuan putri. Akirnya si tuan putri hidup kembali, tak lama kmudian putri haus ingin minum air. lalu si 3 tukang ukir tadi mencarikannya air tak lama kemudian datang 7 siluman menampakkan diri didepan tuan putri. Dan hendak ingin menjadikan putri itu menjadi tuan putri di dunia siluman tadi. si putri dipaksa, dan lama kemudian si putri dengan angkuhnya memerintahkan kpada siluman agar menebar penyakit pada manusia.

Lanjut cerita dari si 3 tukang ukir tadi, kembalinya membawakan air kepada si putri, putri udah hilang (lenyap). Lalu datanglah juga sang raja berbicara santai kepada 3 orang pengukir itu. Tak lama kemudian tempat dari tuan putri siluman ditemukan oleh 3 orang pengukir dan sang raja. si tukang pengukir yng memliki keistmewaan itu memperlihatkan kepada 2 orang temannya si pengukir tadi, si tukang ukir yng memiliki keistmewaan ini mengajak damai dan mngajak kembali si putri, tapi malah di tantang bertarung oleh si tuan putri siluman tadi.

Singkat cerita tuan putri menyuruh 7 siluman tadi untuk mmbunuh si tukang ukir istimewa itu, lalu apa yg trjadi ke 7 siluman itu baru mulai mendkat sudah terlempar duluan oleh si tukang ukir istmewa itu. Si tukang ukir itu masih berdialog kepada sang putri untuk kembali, tpi apalah daya mungkin pengaruh siluman tadi, sang raja pun dengan santai ambil nyawamu kembali dari anakku.. Setelah itu dengan santai si tukang ukir istimewa itu mngambil kembali sebagian nyawanya, dan akirnya si putri wafat kembali. 

Singkat cerita itu lah yg ku tonton jam 2 malam dengan tema Sandiwara Sunda: Miss TjiTjih


1 comment:

  1. http://lh6.googleusercontent.com/_UgFfVxe3qeA/Tc_wMygzDQI/AAAAAAAACwQ/Uvnufo6B42A/cry2.gif

    ReplyDelete

Mari Berbagi...

Blog Bebas Membahas Teknologi Apa Saja