Wednesday 30 October 2013

Jaringan CDMA (Flexi) Saat Hujan

Selamat bertemu kembali
Salam sejahterah

Pada kesempatan berbahagia ini saya akan men-share pengalaman tentang pengaruh yang terjadi jika saat hujan dengan sinyal atau akses jaringan internet di CDMA (Flexi). Beberapa hari yang lalu hujan sempat deras di kos-anku. Dan ini pengalaman yang sempat aku dapatkan namun ku rasa sedikit berharga. Terasa waktu itu hujannya lumayan deras. akhirnya jaringannya melambat dan apapun yang di buka di browser kita tidak akan bisa diakses.

Hal yang serupa juga terjadi ketika adikku juga memainkannya. Mengapa bisa demikian, hal apa yang mengakibatkan tersebut, jawabnya cuma satu yaitu distorsi yang terjadi pada bandwith kita di mana pada jaringan Flexi ini akan melambat dengan sendirinya akibat gangguan dari hujan itu sendiri. Adapun kelebihan dari kartu ini kalau musim kemarau dapat memaksimalkan pemakaiannya di antaranya youtube, google, yahoo tanpa buffering. hal ini terjadi karena kecepatannya mendukung EVDO dengan syarat modemnya juga mendukung EVDO. 


Flexi mobile broadband di tengah hujan

Kecepatan yang bisa kita dapat yaitu kecepatannya bersaing dengan speedy, saya akui memang kalau kecepatan ketika saat browsing memang menandingi dari kecepatan speedy. Terus kelebihan dari kartu Flexi Mobile Broadband ini unlimited di mana kuotanya tidak akan habis, jadi tergantung jaringannya. Semakin kuat sinyal EVDO yang kita dapat maka semakin baik penggunaan kita saat browsing dan kecepatan downloadnya saya dapatkan kisaran 200kb/sec.

Terkadang di tempat kita mendukung jaringannya masing-masing, ada yang kuat dan ada yang lemah, sekarang ku mulai beralih ke CDMA karena sinyal ditempat kosku mendukung untuk memakai modem CDMA. Sedangkan kemarin yang aku pakai GSM (Tere) samar, jaringannya sudah EDGE padahal pertama-pertamanya sinyalnya HSPA dan lancar jaya. Ku beralih karena jaringan CDMA di daerahku lebih kuat di banding GSM.

Salam On-line dan salam rahayu

No comments:

Post a Comment

Mari Berbagi...

Blog Bebas Membahas Teknologi Apa Saja