Friday 2 November 2012

Ragam Aplikasi E-mail

Buku Perpustakaan UNM 004.678 Pen
Silahkan dibaca,,, ^o  )...!!!

Aplikasi e-mail ialah aplikasi komputer yang digunakan untuk mengirim dan menerima e-mail. Dewasa ini, aplikasi e-mail telah mengalami banyak perkembangan dengan penambahan fitur-fitur baru. Oleh karena itu, aplikasi e-mail tidak hanya berguna untuk mengirim dan menerima e-mail teks biasa. Misalnya, beberapa aplikasi e-mail telah dilengkapi address book yang selain menyimpan nama dan alamat e-mail rekanan, juga dapat dipergunakan untuk menyimpan alamat rumah, alamat kantor, nomor telepon, tanggal ulang tahun, bahkan foto rekanan. Beberapa aplikasi e-mail menyediakan pula fitur untuk mempercantik tampilan e-mail dengan huruf-huruf, gambar-gambar, dan warna-warna yang menarik. Aplikasi e-mail dapat di bagi menjadi dua, yaitu yang online dan ofline.


  1. Aplikasi E-mail online. Untuk mengakses aplikasi e-mail model online, pengguna harus online terus menerus. Proses pengiriman dan penerimaan e-mail dilakukan satu per satu, sehingga selalu memerlukan koneksi ke e-mail server.
    Misalnya, dalam proses penerimaan e-mail pengguna akan melihat daftar e-mail baru yang ditujukan kepadanya, tetapi e-mail baru masih tersimpan dalam e-mail server. Kemudian, hanya bila pengguna meminta untuk melihat isi suatu e-mail, barulah aplikasi mendownload e-mail baru yang diminta. Aplikasi e-mail umumnya gratis, tetapi memerlukan koneksi terus-menerus ke jaringan. Dengan demikian, aplikasi mungkin kurang cocok bagi pengguna internet dengan tarif berdasarkan lama koneksi. Namun, aplikasi amat cocok bagi pengguna internet dengan tarif yang dihitung per kilobyte download. Contoh penyedia layanan e-mailonline yang sering digunakan antara lain 
  2. Aplikasi E-mail offline. Untuk mengakses aplikasi model offline, pengguna tidak harus terus-menerus online selama sesi pengaksesan. Proses pengiriman dan penerimaan dapat dilakukan secara kumulatif. Misalnya adalah dalam proses penerimaan surat. Saat pengguna menginstruksikan untuk mengecek e-mail dalam kotak pos, aplikasi segera men-download semua e-mail baru yang ada di e-mail server ke dalam computer pengguna. Saat proses penerimaan e-mail selesai, e-mail baru telah aman tersimpan dalam komputer pengguna. Dengan demikian, pengguna dapat memutus koneksi ke internet atau jaringan, disebut pula ‘go offline’, dan masih tetap dapat membaca e-mail baru.
    Aplikasi e-mail umumnya memerlukan biaya tambahan untuk layanan e-mail server atau aplikasi sendiri. Selanjutnya, aplikasi memerlukan pula penginstalan ke terminal lebih dahulu sebelum dapat digunakan dan agak sulit bagi pemula. Contoh aplikasinya antara lain MS Outlook dan Mozilla Thunderbird. Aplikasi cocok digunakan untuk pengguna internet yang menggunakan tarif dengan hitungan waktu misalnya per menit atau per jam.

    Budi Sutedjo Dharma Oetomo, Ester Wibowo, Eddy Hartono, Samuel Prakoso (2007) Pengantar Teknologi Informasi internet. Yogyakarta: Penerbit ANDI       (halaman 196-198)        

No comments:

Post a Comment

Mari Berbagi...

Blog Bebas Membahas Teknologi Apa Saja