Friday 2 November 2012

Aplikasi Internet

1. World Wide Web (WWW)
World Wide Web atau www merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang penting. WWW adalah dokumen-dokumen yang disimpan di server-server di seluruh dunia agar bisa diakses oleh siapa saja. Dokumen web tersebut dibuat dengan format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan bahasa Hypertext Markup Language (HTML). HTML mempunyai kemampuan melakukan link, yaitu menghubungkan dokumen web satu ke dokumen web lainnya.


2. Electronic Mail (E-mail)
E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim e-mail sama persis dengan mengirimkan sebuah surat biasa. Untuk dapat mengirim dan menerima e-mail, kita harus memiliki account e-mail. Lewat e-mail kita dapat mengirim pesan, file dokumen, gambar dan sebagainya. E-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat karena dapat menjangkau seluruh pelosok dunia.


3. Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain dalam sebuah forum. Anggota forum newsgroup biasanya mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama untuk membahas topic-topik tertentu, misalnya forum mengenai musik, film, otomotif, dan lain-lain.
Sarana yang mungkin digunakan dalam newsgroup dapat berupa multimedia (audio-visual) dengan menggunakan fasilitas chat (IRC). Newsgroup juga memungkinkan kita menyampaikan informasi secara cepat kepada orang-orang yang tergabung dalam sebuah kelompok


4. File Transfer Protokol
File Transfer Protokol atau FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file ke atau dari komputer lain melalui internet dengan cepat. FTP selalu berhubung dengan aktivitas mengambil file/ data dari internet (download) dan mengirim file/ data ke internet (upload). File-file tersebut memang sudah diizinkan untuk diambil oleh pengguna internet yang membutuhkannya. File tersebut dapat berupa hasil penelitian, artikel, jurnal dan lain-lain.

5. Gopher
Gopher adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja. Untuk mendapatkan informasi melalui gopher, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di internet. Di internet juga dikenal adanya mesin pencari (search engine) yang bisa mencari dokumen web, teks, gambar, video, file dokumen dll dengan cara mengetikkan kata kunci dari apa yang kita cari.


6. Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. telnet dapat digunakan apabila kita mempunyai alamat IP (IP adress) dari komputer yang akan diakses dan kita juga harus mempunyai hak akses (user ID dan password) ke komputer tersebut.


7. Ping
Ping adalah singkatan dari Packet Internet Gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung (terkoneksi) dengan komputer lain di internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data. Tes koneksi dengan ping dilakukan lewat DOS PROMPT akan menghasilkan pesan yang menunjukkan komputer tersambung atau putus dengan internet, yaitu pesan Request Time Out menunjukkan koneksi hubungan terputus. Sedangkan pesan “Reply From…” menunjukkan koneksi hubungan tersambung.


Source: LKS (Standar isi 2006) Teknologi Informasi dan Komunikasi. Solo: CV.Cahaya Pustaka 

No comments:

Post a Comment

Mari Berbagi...

Blog Bebas Membahas Teknologi Apa Saja