Sunday 23 December 2012

Tombol dan Fungsi dari Osiloskop


Tombol-Tombol Osiloskop

No
Nama Tombol
Fungsinya
1
Power On/Off
Untuk menghidupkan osiloskop. Apabila sakelar pada posisi on maka lampu pilot akan menyala. Setelah sepuluh detik terlihat garis horizontal atau titik pada CRT.
2
Illum
Untuk mengatur iluminasi/pecahayaan skala pada layar CRT.
3
Intensity
Untuk mengatur terangnya bentuk gelombang pada CRT, jika tombol ini diputar ke arah jarum jam (ke kanan) maka bentuk gelombang semakin terang.
4
Fokus
Apabila tombol ini diputar maka tebal garis horizontal atau ukuran bintik berubah, dengan tombol ini dibuat garis horizontal sesempit mungkin atau bintik sekecil mungkin.
5
Kalibrator
Merupakan terminal keluaran gelombang persegi yang terkalibrasi dengan frekuensi sekitar 100 Hz. Gelombang persegi digunakan untuk mengkalibrasi sensitivitas sinkroskop.
6
CH1 / CH2
Merupakan terminal masukan untuk sinyal yang diamati. Beberapa sinkronos memiliki prob pengetes sebagai terminal masukan tambahan. Apabila prob ini digunakan maka tegangan sinyal yang keluar pada sinkroskop menurun 1/10 kali.
7
Posisi vertikal
Garis horizontal atau bintik pada CRT dapat digerakkan pada arah vertikal dengan tombol ini.
8
Pull CH2 Inv.
Jika tombol ini ditarik polaritas dari CH2 akan berubah.
9
Volt /cm
Sakelar pengatur sensitivitas vertikal adalah peredam yang terletak pada masukan penguat vertikal. Apabila tombol variabel diputar ke kanan sampai maksimum maka skala pada layar menunjukkan besarnya tegangan dalam volt/cm.
10
Variabel
Untuk mengatur halus sensitivitas vertikal, tombol ini dapat menyetel secara halus sensitivitas penguat vertikal. Dengan tombol ini didapatkan ukuran bentuk gelombang yang sesuai untuk diamati. 
11
Pull × 10
Jika tombol variabel ditarik maka sensitivitas vertikal akan naik 10 kali.
12
AC GND DC
Untuk memilih sinyal masukan. Sakelar ini memilih agar komponen DC dihentikan (AC) akan diteruskan (DC). Posisi GND untuk mengatur garis boll pada CRT.

Daryanto (2000) Pengetahuan Teknik Elektronika. Jakarta: PT Bumi Aksara (halaman 96-97)

Bagi Anda yang menginginkan file persentase flash tata cara penggunaan osiloskop silahkan lihat penampangnya terlebih dahulu seperti pada gambar.


Mengenal osiloskop dan tombolnya


Tombol osiloskop beserta fungsinya


Sumber dalam pencarian osiloskop

Untuk mendownload silahkan klik di sini
Klik Skip Ad pojok kanan atas untuk mendownload
Terima kasih
Salam rahayu

Created RT

2 comments:

Mari Berbagi...

Blog Bebas Membahas Teknologi Apa Saja