Tuesday 26 July 2016

Cara Memperbaiki Stavolt yang Fusenya Sering Putus Sendiri

Selamat pagi para blogger salam sejahterah pada kesempatan ini saya akan membagikan sebuah thread yang berharga kepada para pembaca setia blog ini tentang bagaimana cara memperbaiki stavolt yang sering putus sendiri ketika terpasang oleh perangkat elektronik. Misalnya kita memasang kulkas, televisi, pompa air biasanya menggunakan penguat seperti stavolt supaya tegangan dapat di stabilkan.

Adapun untuk memperbaiki stavolt yang fuse-nya sering putus sendiri ialah pertama-tama bersihkan dulu semua jalur-jalur yang sering terjadi kosleting pada bagian rangkaian komponennya, seperti rangkaian stavolt yang ada di dalam stavolt tersebut. Kemungkinan ada bagian yang tersambung atau ada komponen yang hangus, atau ada bagian kabel yang terputus, tapi kalau dari pabrikan biasanya sudah ter-tested, tapi ada kalanya Anda lebih baik memeriksa keadaan bagian dalam stavolt tersebut.


Stavolt SVC 1000N

Selanjutnya, nah ini bagian yang terpenting yaitu bagian Fuse-nya atau biasa disebut dengan “sekring” ganti sesuai pengaturan tegangan yang akan di hantarkan oleh peralatan listrik yang akan digunakan, kalau yang tertera di power supply ini fuse-nya sekitaran 5 ampere.

Setelah itu jangan langsung sambungkan ke peralatan listrik 220 volt tetapi gunakan lah dahulu pengaturan tegangan benda elektronik kisaran 110 volt agar dapat menaikkan sumber tegangan 220 volt, Anda tes contohnya peralatan elektronika seperti radio di kisaran tegangan 110 volt, nah setelah itu lepas sambungan radio lalu coba sambungkan di tegangan 220 volt menggunakan kulkas.

Jika masih sering putus perhatikan fuse dari masing-masing power supply Anda, kemungkinan yang Anda pasang amperenya kekecilan, seringkali ketika tidak tercolok di sambungan tegangan peralatan elektronika jarum dari power supply ini tidak menunjukkan angka pas di tegangan 220 volt, makanya pada tahap ini Anda harus mengujinya terlebih dahulu pada tegangan 110 volt agar dapat menaikkan sumber daya  tegangan dari stavolt kisaran 220 volt.

Sekian dan terima kasih
Semoga bermanfaat dan salam online.

8 comments:

  1. Tanya dong.
    Kalau misalnya sekring tertulis 3A. Tapi menggunakan 5A pengaruh gak?
    Soalnya punya saya ini gak mau jalan ternyata setelah di cek menggunakan 5A. Seharusnya 3 A

    ReplyDelete
  2. Stavol di pasang, listrik putus. Solusi apa ya?

    ReplyDelete
  3. @tri yono pertanyaan anda sudah terjawab sendiri lihat penampang fuse tentunya terlihat berapa Ampere yang tertera di sana, baiknya diganti sesuai dengan nilai yang tertulis di fusenya.

    @Budi Raharjo stavol pasang listrik putus, ini maksudnya fusenya putus atau spannennya turun? Kalau fusenya putus coba perhatikan jalur skema rangkaian stavoltnya sempat ada yang short, kemudian bersihkan jalur rangkaiannya menggunkan kuas atau sikat.

    Semoga membantu

    ReplyDelete
  4. Ok terima kasih srtikearti... Serbaserbaprom

    ReplyDelete
  5. Kulkas nyala fuse langsung putus pake fuSe 3A tapi kalau pake Fuse 5A 2-3 hari baru putus.apa yg rusak ya bos

    ReplyDelete
  6. Tanya dong.. Stavolt saya merek toyosaki yg sya gnakan untuk show case disana trdpat 2 fuse 10A dan5A yg 10A skarng putus tp masih nyala dgn fuse yg 5A.apakah ad pngaruh buruknya jika cma pake fuse yg 5A sja buat alat2 elektronik sya.

    ReplyDelete
  7. Selamat sore mau bertanya gak klo cirinya sikring rusak gimna ?

    ReplyDelete
  8. Selamat sore mau bertanya gak klo cirinya sikring rusak gimna ?

    ReplyDelete

Mari Berbagi...

Blog Bebas Membahas Teknologi Apa Saja