Sunday 21 October 2012

Cyberbanking Komputer Online

Mho bagi ilmu lagi nih,, RT nge chuzz Mie apa..!!!
Kali ini RT mendapat ilmu dari LKS yang di bagikan oleh sekolah Adik RT yaitu tentang Cyberbanking
langsung saja Sedot...!!!

A. internet Banking
Internet banking sering juga disebut dengan Electronic Banking (E-Banking). Cyberbanking, Virtual Banking, Home Banking, dan Online Banking. Internet banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet. Transaksi yang dilakukan dapat berupa pengecekan saldo, transfer uang, dan pembayaran tagihan. Untuk transaksi penarikan dan penyetoran harus melalui ATM atau kasir bank.


Internet banking menguntungkan pihak bank, karena jumlah pengunjung yang datang ke bank makin sedikit, pegawai hanya melayani lebih sedikit nasabah dan kantor yang disediakan menjadi lebih kecil.
Hal ini berarti penghematan dalam banyak hal seperti gaji pegawai, kebersihan sewa kantor. Bank juga memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja dan kapan saja, ini berarti peningkatan dalam bidang pelayanan sehingga dapat menambah kepuasan dan kesetiaan nasabah.
Keuntungan internet banking bagi para nasabah adalah dapat lebih menghemat waktu karena dapat melakukan transaksi di mana saja. Keleluasan dan kemudahan ini memberikan rasa nyaman. Selain itu nasabah dapat lebih hemat biaya karena tidak perlu keluar ongkos untuk menuju bank.

B. Keamanan data dalam transaksi di internet
Keamanan data menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam melakukan transaksi melalui internet seperti internet banking atau perdagangan online. Pihak penyedia layanan harus menjamin keamanan para pengguna layanan mereka. Dalam hal ini took online atau bank harus menyediakan teknologi keamanan data yang sesuai standar sehingga data-data pelanggan tidak dapat dicuri dan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Karena itu jaminan keamanan data yang ada wajib disediakan oleh penyedia jasa layanan took online, atau internet banking. Hal ini untuk menjamin keamanan data transaksi yang dilakukan, sehingga para pengguna jasa layanan mereka tidak merasa dirugikan.
Kita, sebagai pengguna layanan took online, dan internet banking juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga keamanan data-data kita. Misalnya saja, kita harus menjaga nomor kartu kredit, user ID, dan password kita agar tidak diketahui orang lain. Karena apabila data-data tersebut diketahui orang lain, akan merugikan diri kita sendiri.
Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga transaksi yang aman melalui toko online dan internet banking antara lain sebagai berikut:

1.  Kita harus memahami prosedur yang diberikan oleh bank, termasuk aspek-aspek penting sehubungan dengan keamanan data, sehingga data tidak jatuh ke tangan orang lain.
2.   Setelah selesai menggunakan layanan toko online atau internet banking, kita harus memastikan telah keluar dari layanan tersebut (logout) sebelum menutup browser atau meninggalkan komputer yang digunakan.
3.      Kita tidak boleh meninggalkan komputer jika kita sedang login di internet banking.
4.     Komputer kita harus dilengkapi antivirus yang selalu aktif dan up to date. Antivirus akan mencegah masuknya virus spyware yang dapat merekam dan mencuri data-data kita.
5.  Gunakan hanya komputer pribadi untuk mengakses layanan toko online dan internet banking. Kita tidak boleh menggunakan komputer yang biasa diakses oleh orang lain, seperti warnet.
6.     Kita harus menjaga dengan aman informasi tentang nomor kartu kredit, user ID, dan password milik kita.

    Nyuuzz,, cukup itu saja moga ilmu-nya bermanfaat, sekian dari RT,,, So sibuk nih Brow urus pekerjaan lain

No comments:

Post a Comment

Mari Berbagi...

Blog Bebas Membahas Teknologi Apa Saja