Monday 24 December 2012

OS (operating system) dan BIOS (Basic Input Output System)


Tidak dapat dipungkiri bahwa sistem operasi (Operating System) sangat mempengaruhi Anda dalam menggunakan computer karena sistem operasi merupakan software yang memungkinkan Anda dapat menggunakan semua program aplikasi. Sistem operasi mengatur dan mengontrol hardware yang ada seperti disk drive, hardisk, CD/DVD-ROM atau DVD/DVD-RW, keyboard, monitor, mouse, scanner, printer, dan lainnya.


Sistem bios komputer

Perlu Anda pahami bahwa tidak semua komputer memiliki sistem operasi. Contohnya komputer yang mengontrol open microwave memiliki tugas sederhana dengan alat input (keypad) dan alat output (LCD) sederhana, hardware yang sederhana dan tidak pernah berubah-ubah. Untuk sistem komputer yang lebih kompleks dari open microwave, sistem operasi dapat menjadi media efisien terhadap aktivitas operasional dan pengembangan program aplikasi. Jadi semua komputer desktop pasti memiliki sistem operasi seperti Windows, Unix, dan Linux. Ada juga Sistem Operasi yang menangani robot, manufacturing, sistem kontrol, dan lain-lain.


Sistem operasi berdasarkan ketenarannya

Ketika Anda memulai praktikum komputer di sekolah Anda, maka Anda harus menyalakan komputer Anda. Ketika komputer menyala, BIOS akan memeriksa semua hardware termasuk memori komputer Anda. Singkatnya, BIOS atau Basic Input Output System adalah himpunan program yang bekerja erat dengan hardware untuk mendukung transfer informasi di antara unsur-unsur system komputer seperti memori, disk, monitor, printer, dan banyak lagi.

Syamsuardi (2004) Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk SMA Kelas X. Jakarta. Erlangga
Halaman 36

No comments:

Post a Comment

Mari Berbagi...

Blog Bebas Membahas Teknologi Apa Saja