Wednesday 5 December 2012

Pendekatan Terhadap Desain Sistem


Salam Sejahterah Para Pembaca Budiman
Kali ini RT akan membahas tentang pendekatan-pendekatan yang terdapat pada civitas kampus. Langsung saja disimak...

Jika seseorang memandang fungsi administratif, atau fungsi utama administrasi, sebagai suatu sistem keseluruhan, terdapat beberapa alternatif pendekatan terhadap perancangan sistem pengolah data untuk mendukung fungsi-fungsi ini. Beberapa institusi memandang fungsi administrative mereka sebagai sistem tunggal dan mencoba mengembangkan semua interelasi sistem semacam itu. Institusi lain mengambil fungsi administrative seperti kepegawaian dan gaji, rekaman data mahasiswa, registrasi, penjadwalan, dan bantuan keuangan mahasiswa, atau akuntansi dan pembiayaan, sebagai suatu sistem tunggal.
Terdapat tiga pendekatan dalam mendesain sistem. Pendekatan evolusioner menyarankan penjadwalan implementasi berbagai macam komponen sistem dan desain, pengembangan, dan implementasi masing-masing komponen, atau subsistem, pada suatu waktu. Sebagai contoh, sistem bantuan keuangan mahasiswa dapat terdiri atas subsistem aplikasi mahasiswa, subsistem accounting bantuan keuangan mahasiswa, subsistem paket bantuan keunagan mahasiswa. Melalui pendekatan evolusioner, subsistem pertama, yang kemungkinan disebut suatu “sistem”, adalah sistem aplikasi bantuan keuangan mahasiswa. Desainnya akan bebas dari desain-desain sistem di masa yang akan datang kecuali pengetahuan kecuali pengetahuan desainer kemungkinan memasukkan beberapa persyaratan untuk sistem di masa mendatang. Kemudian sistem-sistem berikutnya akan didesain, dikembangkan dan dipasang. Pendekatan ini mempunyai satu keuntungan signifikan terhadap semua pendekatan lain hasil-hasil awal. Karena desain subsistem khusus, atau sistem, tidak harus menanggung waktu penundaan atau biaya pendesain sistem yang lengkap, kapabilitas operasional awal tercapai.
Pendekatan yang kedua ialah pendekatan moduler. Pendekatan ini mendesain semua subsistem ke dalam sistem dengan desain tunggal, namun rencana pengembangan dan implementasi subsistem itu secara berurutan. Pendekatan desain sistem ini berbeda dari pendekatan evolusioner terutama dengan memiliki desain tunggal. Pendekatan ini mengurangi modifikasi, atau akomodasi, yang harus dilakukan di antara subsitem ketika subsitem itu kemudian diintegrasikan ke dalam sistem tunggal. Desain memfokuskan pada interaksi untuk memastikan bahwa tersedia dengan pantas untuk masing-masing subsistem atau “modul”.
Bla...Bla...Bla...

Kalau agan-agan ingin file-nya download di sini...
Terima kasih telah berkunjungan

No comments:

Post a Comment

Mari Berbagi...

Blog Bebas Membahas Teknologi Apa Saja