Tuesday 26 July 2016

Cara Memperbaiki Sound Sistem / Subwofer yang Berdengung

Selamat siang pada kesempatan yang berbahagia ini, saya agak sedikit beruntung dari hari-hari sebelumnya karena sudah sedikit bisa membongkar dan memperbaiki sendiri ala kadarnya Subwofer yang notabene suaranya mendengung saat dinyalakan, alhasil dapat memperbaiki sendiri Subwofer Sound Sistem.

Caranya sangat mudah berani bongkar dan utak-atik, sekali utak-atik akhirnya ketemu permasalahan ketika sound sistemnya dinyalakan tiba-tiba terdengar suara dengungan menandakan sound sistemnya tidak berfungsi sebagai mana mestinya, sayapun berinisiatif untuk memperbaiki perangkat audio tersebut.


Dengungan di Mini Subwofer Sound System Simbadda

Pertama saya bongkar Casing Case nya, kemudian saya cek bagian speaker semua normal, begitupun bagian saklar dan rangkaian elektroniknya, tetapi alangkah heran ketika melihat ada salah satu dari bagian badan komponennya yang hangus, gemuk dan seperti terbakar di bagian sekitaran badan dan kaki kapasitornya (Elco) 16V 1000mf. 


Penggantian Elco 16V 1000mF Membuahkan Hasil

Setelah diganti kapasitor 16V 1000mF tersebut maka Subwofer yang tadinya berdengung akhirnya done stabil kembali, Congratulation,, nah itulah sedikit pengalaman kecil yang saya dapatkan untuk memperbaiki Sound Sistem yang berdengung, kebetulan sound sistem ini jarang tercabut dari stop kontak, otomatis daya akan arus terus mengalir ke kapasitor sehingga mengakibatkan aus di salah satu komponennya.

Saran saya ketika hendak sudah memakai sound sistemnya harap cabut dari stop kontak, hal ini untuk meminimalisir daya dan arus yang terpakai, dan juga untuk mengurangi dampak pemanasan global karena dengan begitu kita dapat menghemat energi bumi.

Sekian 
Terima kasih semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Mari Berbagi...

Blog Bebas Membahas Teknologi Apa Saja