Wednesday 27 July 2016

Sistem Proxy

Proxy merupakan suatu program server atau aplikasi spesifik yang dijalankan pada mesin firewall. Setiap komunikasi yang terjadi antara dua buah jaringan dilakukan melalui suatu operator (proxy server).

Sebuah firewall biasanya akan menggunakan kombinasi antara packet filtering dan sistem proxy. Hal tersebut dikarenakan tidak semua kinerja protokol jaringan dapat berjalan secara maksimal sesuai dengan salah satu dari kedua teknik tersebut di atas.

Sistem Proxy di Tiga Sistem Unit


Proxy dalam melakukan tugasnya mengambil user request untuk internet sevice (seperti HTTP, FTP, dan lain-lain) dan meneruskannya pada host yang menjadi tujuannya. Dapat kita simpulkan, proxy merupakan perantara antara jaringan internal dengan jaringan eksternal (internet).

Kelebihan sistem proxy adalah level keamanannya lebih baik daripada screening router, karena semua paket yang melewatinya dideteksi sampai pada tingkatan aplikasi layer. Selain itu jaringan internal yang menggunakan sistem proxy dapat menggunakan private IP address, sehingga komputer yang tersambung pada sistem tersebut jumlahnya dapat menjadi sangat baik.

Adapun kekurangan sistem proxi adalah kinerjanya lebih rendah daripada screaning router karena aplikasi yang didukung oleh sistem proxy ini terbatas dan terjadi suatu penambahan header pada paket yang dikirimkan.

2007. Jaringan komputer. semarang. penerbit andi. Halaman 204

No comments:

Post a Comment

Mari Berbagi...

Blog Bebas Membahas Teknologi Apa Saja